Cara Setting IP Static pada CentOS 7


Pengertian
ip static adalah ip yang di setting secara manual agar ip tidak berubah-ubah.

Latar belakang
saya menggunakan CentOS 7 sebagai server, jadi saya harus meremotnya, dan server wajib menggunakan IP static.

Maksud dan tujuan
ingin mengkonfigurasi ip static pada CentOS 7

Perlengkapan
- CentOS 7 server

Durasi
kurang lebih 5 menit

Tahap pelaksanaan
1. masuk sebagai super user terlebih dahulu pada CentOS kita, dan masukkan perintah dibawah ini untuk konfigurasi ipnya
"# vi /etc/sysconfig/network-scripts/ifcfg-enp0s3
gambar dibawah adalah konfigurasi sebelum saya rubah.

saya konfigurasi ip sesuai topologi saya seperti gambar judul di atas dan saya menggunakan DNS Telkom

2. setelah itu keluar dan restart network kita. masukkan perintah
"# /etc/init.d/network restart
3. kemudian masukkan perintah ip addr untuk mengetahui ip yang sudah kita rubah tadi
"# ip addr


selesai, semoga bermanfaat.

Kesimpulan
server wajib menggunakan ip static, jadi kita harus menkonfigurasi server dengan menggunakan ip static

Referensi
https://maulanashio23.blogspot.co.id/2017/03/setting-ip-static-pada-cenos-7.html

0 Response to "Cara Setting IP Static pada CentOS 7"

Post a Comment