How to install FileZilla in ubuntu 14.04


Pengertian

FileZilla atau juga dikenal dengan sebutan FileZilla Client, adalah salah satu software FTP gratis, open source, cross-platform. Binari tersedia untuk Windows, Linux, dan Mac OS X. Software ini mendukung FTP, SFTP, dan FTPS (FTP di SSL/TLS). Sejak 5 Maret 2009, software ini adalah software kelima yang paling banyak diunduh sepanjang masa dari SourceForge.net.
FileZilla Server adalah produk lain dari FileZilla Client. Ini adalah server FTP yang didukung oleh proyek yang sama dan fitur-fitur dukungan untuk FTP dan FTP melalui SSL / TLS.


Latar belakang

FileZilla Client merupakan aplikasi pengakses server FTP yang sangat cepat dan handal. FileZilla bersifat cross-platform (bisa dipakai di berbagai sistem operasi). Software ini memiliki tampilan grafis yang sangat mudah dipahami, disertai fitur-fitur yang akan memudahkan Anda dalam melakukan upload dan download file. Transfer file antar komputer Anda dan server FTP dapat dilakukan secara mudah dan cepat, tinggal drag dan drop, semudah saat Anda mengelola file dan folder di komputer Anda.


Maksud dan tujuan
Supaya tidak susah menejemen file melalui SSH. Filezilla membantu kita untuk bisa meremote file directory server secara GUI berbasis FTP server.


Perlengkapan
  • pc yang terhubung
  • server yang sudah terinstall proftpd
  • koneksi internet

Durasi
waktu yang dibutuhkan kurang lebih 5 menit

Langkah kerja
1. pertama server kita harus sudah terinstall proftpd, jika belum bisa klik disini
2. buka terminal di pc kita, kemudian masuk super user, masukkan perintah
"# apt-get install filezilla

3. tunggu proses selesai, jika sudah kita bisa membukannya di menu, atau juga bisa melaui terminal langsung, caranya dengan memasukkan perintah
"# filezilla

 
4. setelah itu, isikan
Host, Username, Password dan Port nya. jika port ftp kawan tidak di ubah (Default) maka port nya adalah 21. atau jika dikosongkan juga bisa, dalam kutip "default".
Keterangan
Host = IP server kawan
Username = user name server kawan
Password = password server kawan
jika sudah seperti gambar di atas brarti kita sudah memasuki directory server kita.


Kesimpilan
jadi kita bisa melihat directory server kita menggunakan filezilla menjadi GUI


Referensi
  • http://ciprutaja.blogspot.co.id/2012/07/transfer-file-dengan-filezilla-ftp.html
  • https://id.wikipedia.org/wiki/FileZilla_Client

0 Response to "How to install FileZilla in ubuntu 14.04"

Post a Comment