cara install linux mint cinnamon 17.3 via virtualbox full lengkap dengan gambar

Assalamualaikum wr.wb

A. Pengertian
 
Linux Mint adalah sistem operasi Linux yang merupakan suatu distribusi Linux dengan basis Debian dan Ubuntu, dengan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

B. Latar Belakang
latar belakang kali ini adalah dasar pertama kali mengenal linux dan linux mint adalah linux yang sangat mudah digunakan untuk pengguna linux dasar karena yang desktop nya seperti windows.

C. Maksud dan Tujuan
  Mengajarkan kepada orang yang ingin menginstall linux mint lewat virtualbox

D. Alat dan Bahan
  1. komputer/laptop
  2. virtualbox
  3. file iso linux mint cinnamon 17.3, link download 32bit64bit
E. Jangka waktu pelaksanaan
     sekitar 30 menit

F. Tahap pelaksanaan

1. pertama, open virtualbox agan dan pilih new seperti gambar di bawah:

2. kedua, klik next dan atur memory kebutuhan, saya atur 1gb, dan minimal
768mb, seperti gambar di bawah:

3. atur file location and size agan, minimal 8gb maksimal sesuai dengan hardisk anda, saya buat seminimal tapi lebih sedikit karena 1gb akan saya buat sebagai swap, lalu create.. lihat gambar di bawah.

4.  klik setting,lalu ke strorage, empty, klik gambar kaset pojok kanan,  lalu ok..
kalo gak tahu, lihat  gambar di bawah gan.

5. kemudian start, dan akan muncul gambar destop seperti gambar dibawah ini.

 6.  klik install linux mint, lalu pilih bahasa, terserah mau pake bahasa apa yang penting agan paham. kemudian continue.. contoh gambar di bawah.

7. sekarang mau masuk ke bagian partisi, saya pilih something else, karena disitu saya bisa mengatur partisi sesuai keinginan,terserah agan sih mau pilih yang mana.lebih baik sama dengan tutor saya ya gan, soalnya beda lagi kalo agan pilih cara partisi yang lain. contoh gambar dibawah.

8. saat belum muncul file size hardisk agan, agan dapat mengeklik seperti gambar di bawah yang di lingkari (new partition table..)

9. seperti yang saya ucapkan tadi, saya akan membuat 1gb sebagai swap seperti gambar di bawah.

10. sisanya saya sebagai atur sebagai root (/) seperti gambar di bawah.

11.tampilan di bawah adalah tampilan sesudah partisi. lalu klik install now.

12. kemudian kita disuruh memilih di negara mana kita tinggal. lalu continue

 13. keyboard layoutnya saya piih english (us) karena itu yang biasanya dipakai.

14. bagian gambar dibawah, isi nama dengan keinginan agan, dan beri password jika perlu demi keamanan komputer anda ya gan.

15. lalu continue, tunggu ya, bagian ini memang agak lama gan, agan bisa ke kamar mandi dulu untuk BAB, bisa ditinggal makan dan minum juga wkwkwk..

16. jika sudah, lebih baik di restart gan.. tapi terserah agan juga sih mau di testing dulu apa enggak.

 17. gambar dibawah tampilan booting ya gan.

18. taraa, selesai gan, agan tinggal login dengan nama dan password yang agan buat tadi.

 Sekain tutorial dari saya, semoga bermanfaat,
assalamuaialikum wr.wb

Kesimpulan
kesimpulan kali ini adalah kita bisa mempelajari apa itu linux mint, dan kita bisa mengisntall linux mint.

G. Referensi
- https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint

0 Response to "cara install linux mint cinnamon 17.3 via virtualbox full lengkap dengan gambar"

Post a Comment