Pengenalan sistem operasi linux


Assalamualaikum wr.wb
sistem operasi tidak cuma windows dan mac lho, ada sistem operasi yang gratis yang kita bisa oprek (open source) semau kita yaitu salah satunya linux, apasih sistem operasi linux? kenapa berlogo pinguin?

Pengertian
linux adalah sebuah operating system (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus  Torvalds di Universitas Helsinki,Filandia. kemudian Linux dikembangkan lagi dengan bantuan dari banyak programmer dan hacker UNIX di seluruh dunia.
Linux disebarkan secara luas dengan bebas dibawah lisensi GNU (Genuine Not Unit= Bukan Mesin Unix) General Publik Lisense (GPL) atau lisensi publik umum yang pertama kali oleh Richard Matius Stallman merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) pada pertengahan tahun 1980 yang berawal dari keresahan pembatasan hak (lisensi) penggunaan sebuah perangkat lunak.
Penamaan GNU itu dipilih karena rancangannya mirip UNIX, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.

Latar belakang
banyak seorang sekarang ingin mempelajari apa itu linux. linux sekarang sudah sudah berkembang sangat cepat karena sifatnya yang open source. karena sifatnya yang free dan opensource, itu membuat para pengguna linux bebas dan asik menggunakan OS linux.

Maksud dan tujuan
agar kita bisa mengerti dan mengenal apa itu linux.

Durasi
sesuai pemahaman orang masing-masing

ISI

KENAPA LINUX BERLOGO PINGUIN?
Menurut cerita, alasan mengapa pinguin menjadi maskot/logo linux adalah sebuah pengalaman pribadi yang dialami oleh Linus Torvald saat berjalan-jalan ke sebuah taman di daerah selatan Australia yang bernama taman perth. Terjadilah sebuah insiden dimana sang Linus Torvald dipatuk oleh seekor pinguin yang mengakibatkan dia demam berhari-hari. Begitulah diyakini menjadi dasar inspirasi mengapa pinguin menjadi logo/maskot linux.
Dengan harapan ketika orang sudah mulai mengenal linux dia tak bisa tidur dan demam linux agar selalu terjaga setiap siang dan malam untuk mengoprek sistem operasi linux tersebut.
 

FiLOSOFI OPEN SOURCE (KODE TERBUKA)
Ide dasar dari open source adalah sangat sederhana: Bilamana programmer dapat membaca, mendristribusikan, dan memodifikasi kode sumber (listing) untuk sebuah software, maka perangkat lunak itu akan berkembang. Orang memperbaikinya, orang beradaptasi, orang memperbaiki bug. Dan ini akan terjadi pada percepatan pengembangan perangkat lunak. Jika salah satu digunakan untuk memperlambat pengembangan perangkat lunak konvesional, tampaknya tidak masuk akal. Kami dalam komunitas open source telah belajar bahwa proses evolusi ini akan cepat menghasilkan software yang lebih baik daripada model tertutup tradisional.

FREE SOFTWARE
free software adalah sebuah bentuk kebebasan, mengacu ke pengguna untuk memakai, mengkopy, mendistribusikan, mempelajari, merubah maupun meningkatkan software tersebut.
secara detail arti kebebasan itu dijabarkan dalam 4 hal, yaitu:
  • bebas menjalankan visitor
  • bebas menjalani program dan mengadaptasi sesuai dengan kebutuhan.
  • bebas mendistribusikan ulang
  • beban meningkatkan program dan mempublikasikannya.
Linux memiliki banyak Varian atau yang biasa dikenal dengan Distro (Distribusi Sistem Operasi), hal ini disebabkan oleh konsep pengembangan Open Source dan lisensi yang digunakan GNU/GPL.
  1. Debian










    2. RedHat






    3. Slackware












Dari ketiga Distro Linux diatas, kemudian linux berkembang menjadi banyak turunan, banyak ragam yang dikembangkan oleh banyak orang sesuai dengan keinginan, kebutuhan dan selera semua orang-orang disemua negara.



Kesimpulan
kesimpulannya yaitu setelah membaca semoga kita bisa mengerti dan mengenal linux, dan semoga kita bisa mengoprek sistem operasi pada linux.

B. Referensi
Bila ingin lebih jelas lagi dapat klik disini.

0 Response to "Pengenalan sistem operasi linux"

Post a Comment