SOP (Standard Operating Procedure)


Assalamualaikum wr.wb
nah, pagi ini saya ingin melanjutkan dari hari pertama prakerin di BCL Telkom Kltaten 

A. Pengertian Standard Operating Procedur

Standard Operating Procedure, atau SOP, adalah satu set instruksi langkah-demi-langkah yang disusun oleh sebuah organisasi untuk membantu pekerja melaksanakan operasi rutin. SOP bertujuan untuk mencapai efisiensi, kualitas output dan keseragaman kinerja, sekaligus mengurangi miskomunikasi dan kegagalan untuk mematuhi peraturan industri.

B. Manfaat dari Standard Operating Procedur
  • Sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.
  • Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
  • Meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.
  • Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada interfensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
  • Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.
  • Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.
  • Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.
  • Memberikan informasi mengenai kualifikasi kompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
  • Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.
  • Memberikan informasi mengenai beban tugas yangdipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.
C. Tujuan dari Standard Operating Procedur
  • Agar petugas pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
  • Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
  • Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggung jawab dari petugas pegawai terkait.
  • Melindungi organisasi unit kerja dan petugas pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
  • untuk menghindari kegagalan, kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.
D. Fungsi dari Standard Operating Procedur
  • Memperlancar tugas petugas pegawai atau tim unit kerja.
  • Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
  • Mengetahui dengan jelas hambatan!hambatannya dan mudah dilacak
  • Mengarahkan petugas pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.
  • Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.
E. Keuntungan adanya Standard Operating Prosedure
  • SOP adalah bagian dari Integral dari suatu sistim Mutu
  • Dapat di imflementasikan juga di kembangkan kapan saja menerut tuntutan pertumbuhan perusahaan dan lingkungan sekitarnya
  • Dapat Di gunakan bagian dari suatu programe pelatihan pegawai dalam sebuah organisasi/perusahaan
  • Adanya kejelasan pekerjaan dan tanggungjawab setiap pegawai juga divisi dari organisasi, siapa melakukan apa, apa yang di lakukan kapan di lakukan dan kepada siapa hal itu akan di laporkan
  • Dapat lebih mudah untuk mengukur tingkat pertumbuhan kinerja dari organisasi
  • Image dari perusahaan tersebut di mata karyawan dan Clients akan lebih baik juga terhormat.  

F. Referensi
- http://smeindonesia.org/manfaat-tujuan-dan-fungsi-sop/465/
- https://strategibisnisdanisoseries.wordpress.com/2013/02/28/keuntungan-dalam-penarapan-s-o-p/

untuk lebih lengkap dapat dibuka di http://203.130.243.185/data/SOP%20K3%20%20Management%20Project/PENGERTIAN_STANDAR_OPERASIONAL_PROSEDUR.pdf



 

0 Response to "SOP (Standard Operating Procedure)"

Post a Comment