how to upload file via terminal to server


Pengertian
Dalam jaringan komputer , upload adalah mengirimkan data ke sistem remote seperti server yang atau klien lain sehingga sistem remote dapat menyimpan salinan.


Latar belakang
untuk mengurangi file corup, dan lebih cepat.

Maksud dan tujuan
menghemat biaya karena tidak usah menggunakan flashdisk atau alat external untuk mengirim file lainnya.

Perlengkapan
  • file yang ingin diupload ke server
  • server
  • laptop
  • jaringan internet
  • brainware

Waktu yang dibutuhkan
jangka waktu yang dibutuhkan untuk upload file tersebut tergantung size ukuran filenya.


Pelaksanaan
1. pertama kita lihat directory file yang akan kita upload. misalnya, saya akan upload file saya berada di dokumen, dan file yang saya akan upoad ke server adalah file owncload.



2. kemudian kita buka terminal baru, masuk ke file directorinya.
#cd (file directory kamu) 
karena file saya berada di dokumen, maka saya masuk ke directory dokumen dengan perintah
# cd /home/grentinora/Documents


3. kita bisa melihat directory nya dengan memasukkan command
#ls


4. sekarang kita upload filenya, kita masukkan perintah
# scp (nama file) (namaserver)@(ip server):(nama directory server)

maka perintah yang saya tulis
#scp owncloud-9.1.3.zip noraa@10.11.12.13:/home/noraa/
kemudian setelah di enter maka muncul gambar seperti gambar di bawah
tunggu proses uploadnya hingga selesai.


5.  setelah selesai coba kita cek ke server kita. masuk ke directory file yang kawan tadi upload.
karena saya mengupload ke /home/noraa, saya memasukkan command
#cd /home/noraa/

kemudian mengetik command
#ls

selesai.

Kesimpulan
jadi kita tidak usah repot-repot untuk mencopy file kita ke flashdisk, hardisk extern, dan lain". sehingga kita dapat menghemat biaya dan menghemat waktu.

Referensi
teman-teman BLC Telkom

0 Response to "how to upload file via terminal to server"

Post a Comment