setting hotspot mikrotik rb941

hai kawan, kita kali ini akan melanjutkan dari setting dasar mikrotik. yosh kali ini kita akan membuat hotspot mikrotik di rb941 menggunakan winbox.
Pengertian
Sebuah hotspot adalah lokasi fisik di mana orang dapat memperoleh akses Internet , biasanya menggunakan Wi-Fi teknologi, melalui jaringan area lokal nirkabel (WLAN) menggunakan router terhubung ke penyedia layanan internet .
Hotspot publik dapat ditemukan dalam sejumlah bisnis untuk penggunaan pelanggan di banyak daerah perkotaan maju di seluruh dunia, seperti toko-toko kopi . Banyak hotel menawarkan akses wifi untuk tamu, baik di kamar atau di lobi. Hotspot berbeda dari titik akses nirkabel , yang merupakan perangkat keras yang digunakan untuk menyediakan layanan jaringan nirkabel. hotspot pribadi memungkinkan akses internet ke perangkat (seperti tablet) melalui perangkat lain yang mungkin memiliki akses data melalui mengatakan perangkat mobile.

Latar belakang

Dengan hotspot kita bisa menikmati akses internet selama kita berada di area hotspot tanpa harus menggunakan kabel. Layanan hotspot sangat bermanfaat dan membantu bagi kehidupan manusia. Khususnya di dunia pendidikan yang mana diketahui sebagai barometer kemajuan teknologi informasi. Adanya layanan hotspot di lingkungan sekolah diharapkan akan mempercepat akses informasi bagi guru, siswa dan karyawan.
Maksud dan tujuan
untuk mempermudah kita terhubung ke internet melalui jaringan nirkabel.
 Perlengkapan
- laptop
- mikrotik RB941
- setting dasar mikrotik 
- kabel lan dan conector rj45
Langkah kegiatan
1. silahkan yang belum setting dasar mikrotik, bisa klik disini
2.pertama kita setting ip nya.
masuk ke IP > Adress > + > masukkan IP (jangan lupa interfacenya ke wlan) apply, ok
contoh gambar di bawah

3.masuk ke menu interface, klik wlan nya 2x > setting wirellesnya menjadi ap bridge > band (2GHz-B/G/N) >  isi frequensi (carannya scan atau freq usage, cari paling rendah), kemudian baru isi frequiensinya.
lihat gambar dibawah.


4.masuk ke menu IP > Hotspot > hotspot setup > netx aja, tapi lihat cara no 5 dahulu
5. jika sudah di next, kemudian muncul seperti gambar di bawah, masukkan ip nya, ip disini untuk masuk login ke browser kita. lalu next

6. nah, setelah di next akan muncul seperti gambar di bawah, DNS tersebut untuk mempermudahkan kita mencari ke browser, karena menghafal DNS, lebih mudah dari pada menghafalkan ip.
terserah mau di isi dns apa.
contoh: noraa.io
lalu next.

7.nah, setelah di next, muncul gambar seperti di bawah, disini adalah tempat untuk login ke hotspot kita. isi terserah kawan
contoh:
user: admin
password: 12345



8. jika sudah selesai, cabut kabel lan kita, connect kan ke wifi kita ya kawan, kemudian buka browser dan masukkan dns yang sudah di buat tadi.


9. yoshh, kita login dengan user dan password yang sudah kita buat tadi

selesaiii.

Kesimpulan
nah, jadi dengan dibuatnya jaringan hotspot atau wifi, kita tidak usah repot-repot menggunakan kabel, atau menarik kabel dari mikrotiknya, kan ribet wkwkwk

Referensi:
- https://en.wikipedia.org/wiki/Hotspot_(Wi-Fi)

0 Response to "setting hotspot mikrotik rb941"

Post a Comment