install wine & winbox di linux ubuntu, debian dan keturunannya

A. Pengertian

Wine merupakan sebuah proyek yang bertujuan untuk membuat agar sistem operasi bertipe Unix (Unix-like) dan sistem X-Windows yang berjalan pada suatu komputer pribadi dapat menjalankan program yang khusus dibuat untuk Microsoft Windows. Alternatifnya, mereka yang ingin melakukan pemangkalan (porting) suatu aplikasi Windows ke sistem Unix-like dapat melakukan kompilasi melalui pustaka Wine dalam bentuk Winelib.
Nama "Wine" merupakan akronim dari Wine Is Not An Emulator (Wine bukanlah emulator) dan kadang disebut juga sebagai Windows Emulator. Walaupun nama ini juga muncul dalam bentuk "WINE" dan "wine", pengembang proyek ini telah menyepakati untuk melakukan standardisasi nama dan menyebutnya sebagai "Wine".
Wine adalah perangkat lunak bebas yang dirilis di bawah lisensi GNU Lesser General Public License (LGPL). Proyek Wine pada mulanya merilis Wine di bawah lisensi MIT sama seperti sistem X-Windows, tetapi pada Maret 2002 menggunakan LGPL sebagai lisensinya.
Pengembang Wine merilis versi beta yang pertama (Wine versi 0.9) pada 25 Oktober 2005 setelah 12 tahun pengembangan. Dan baru -baru ini Wine sendiri telah merilis versi 1.7.45 .

Winbox adalah utilitas kecil yang memungkinkan administrasi Mikrotik RouterOS menggunakan GUI cepat dan sederhana. Ini adalah Win32 biner asli, tetapi dapat dijalankan di Linux dan MacOS (OSX) menggunakan Wine. Ini adalah Win32 biner asli, tetapi dapat dijalankan di Linux dan MacOS (OSX) menggunakan Wine.
Semua fungsi antarmuka Winbox adalah sedekat mungkin ke konsol fungsi, itu sebabnya tidak ada bagian Winbox di manual.
Beberapa konfigurasi kritis canggih dan sistem yang tidak mungkin dari winbox, seperti perubahan alamat MAC pada sebuah antarmuka.

B. Latar Belakang
winbox adalah perangkat lunak yang digunakan untuk OS windows, jika kita ingin memakai winbox di linux, maka kia wajib install wine terlebih dahulu.

C. Maksut dan Tujuan
untuk menjalankan winbox di linux  

D. Jangka waktu pelaksanaan
10 menit atau tergantung koneksi internet.

E. Hal yang dibutuhkan
- koneksi internet
- winbox.exe  download official site -> www.mikrotik.com/download 

F. pelaksanaan
1. Pastikan agan conect ke internet terlebih dahulu
2. Masukkan perintah #apt-get install wine 
3. jika sudah selesai, buka file winbox.exe nya dengan wine (open with wine) , maka winbox akan sudah bisa digunakan... atau jika melalui terminal kita bisa menggunakan perintah #wine winbox.exe


tapi jika file winbox.exe nya ada di Directory ""contoh: "Downloads"" maka kita harus  ubah directory ke "Downloads" dahulu menggunakan perintah
#cd /Downloads
#wine winbox.exe

G. Referensi
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Manual:Winbox
https://id.wikipedia.org/wiki/Wine_(perangkat_lunak) 


 



0 Response to "install wine & winbox di linux ubuntu, debian dan keturunannya"

Post a Comment