[SOLVED] WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! pada ssh

Pengertian

Secure Shell (SSH) adalah sebuah protokol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh, dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. Ini terkoneksi, melalui saluran aman atau melalui jaringan tidak aman, server dan klien menjalankan server SSH dan SSH program klien secara masing-masing. Protokol spesifikasi membedakan antara dua versi utama yang disebut sebagai SSH-1 dan SSH-2.

Latar belakang
ssh digunakan untuk meremot server, nah disini saya pernah mengalami hal seperti ini ketika saya melakukan install ulang server dengan user berbeda dan ip yang sama. nah ketika saya mencoba meremot ssh, ada pesan seperti dibawah ini.


Maksud dan tujuan
memecahkan masalah diatas agar bisa meremot server kembali.

Perlengkapan
  • pc untuk meremot ssh
  • server

Durasi
durasi kali ini cukup 1 menit saja.

Langkah-langkah
1. nah, sebenarnya masalah ini adalah karena pc kita masih menyimpan chace dari .ssh yang pernah kita lakukan.  jika kita membuat user berbeda dengan ip yang sama atau sebaliknya, maka akan menjadi error atau bertabrakan. solusinnya adalah menghapus knows host pada pc kita, nah letakknya dimana?
kita bisa melihatnya di /home/(user)/.ssh/known_host.
maka hal yang harus kita lakukan adalah menghapus cache atau known_host tersebut dengan memasukkan perintah di terminal
"# rm /home/(user pc kawan)/.ssh/known_host
 contohnya punya saya yaitu
rm /home/grentinora/.ssh/known_host

2. nah jika sudah kita coba meremot server kita kembali
3. jika sudah seperti gambar di atas maka masalah sudah terpecahkan atau sudah selesai dan kita bisa meremot server kita kembali. ketik yes dan masukkan password server kawan.


Kesimpulan
jadi setiap kita melakukan ssh-server, maka laptop kita akan menyimpan data atau cache. nah karena itu setelah kita menginstall ulang server kita dengan salah satu identitas atau user sama, bila di ssh, pc kita akan diberi pesan serperti di di atas.

Referensi
  • teman-teman BLC telkom
  • https://id.wikipedia.org/wiki/SSH

0 Response to "[SOLVED] WARNING: REMOTE HOST IDENTIFICATION HAS CHANGED! pada ssh"

Post a Comment